Pada artikel sebelumnya kita membahas mengenai Kerajinan Patung dari cara pembuatanya, bahan dasar yang digunakan hingga produk patung apa saja yang bisa dihasilkan dari setiap bahan dasarnya, Kali ini saya akan membahas produk kerajinan patung dengan bahan dasar tembaga yang biasa diproduksi oleh pengrajin kerajinan tembaga dan kuningan AA Gallery.
Tidak hanya candi candi yang memiliki hiasan patung namun sekarang sudah menyebar hingga hotel hotel berbintang, museum, kantor, resort, villa hingga rumah tinggal pribadi, Dengan perkembangan jaman dan imajinasi serta ide kreatif manusia hiasan atau asesoris interior maupun eksterior dihiasi dengan model model patung dari bahan tembaga.
Apa kelebihan bahan tembaga dibandingkan bahan logam yang lainya, disamping tembaga lebih lunak bahan tembaga juga anti karat ( anti korosi ) bahan tembaga juga merupakan bahan paling mudah cara pembuatanya. Selain tembaga ada bahan logam apa saja yang bisa dibuat patung, selain tembaga ada kuningan, alumunium, besi, perunggu, perak hingga emas, namun untuk produk yang biasa kami produksi hanya menggunakan nbahan dasar tembaga dan kuningan, jarang ada permintaan dari besi atau alumunium.
Bagaimana cara pembuatan patung dengan bahan tembaga, pertama kita memerlukan ngambar atau foto yang ingin kita buat patung, lalu kita akan membutuhkan plat tembaga, bahan yang kita gunakan adalah plat lembaran tembaga, setelah itu kita potong sesuai pola yang sudah kita tentukan, lalu kita ketok atau handmade satu persatu bagianya, ada beberapa bagian yang kita kerjakan.
Bagian yang biasa kita kerjakan terlebih dahuluyaitu bagian badan dari pundak hingga perut, lalu kita lanjutkan untuk pembuatan kaki dan terakhir leher dan kepala, perlu perhitungan yang tepat supaya antara kepala badan dan kaki bisa proporsi dan luwes tentunya mirip seperti gambar yang kita inginkan,
Setelah bagian bagian tersebut sudah jadi kita ketjakan untuk penyambungan yaitu dengan cara dilas, handmade sangat berbeda dengan patung cor, kalau handmade didalamnya kosong namun ada beberapa kerangka besi untuk memperkokoh patung tersebut, setelah patung tersebut disambung semua baru kita finishing patung tersebut sesuai dengan permintaan konsumen atau sesuai gambar yang diinginkan.
Berapa ketebalan plat tembaga yang digunakan untuk membuat patung, ada beberapa aspek yang perlu kita cermati, kita lihat dulu seberapa besar patung yang akan kita buat, sebagai contoh saja patung manusia dengan ukuran tinggi 170 cm, maka kita menggunakan bahan dengan ketebalan 1mm, apakah semua menggunakan bahan 1mm? tidak, hanya bagian tertentu seperti bagian badan, kaki, untuk bagian seperti jari, telinga, hidung ita menggunakan ketebalan 0,8mm dikarenakan bagian bagian kecil bila menggunakan bahan 1mm kami akan kesulitan untuk membuat bentuknya.
Berapa minimal order, berapa lama produksinya dan berapa maksimal tinggi ukuran dan minimal ukuranya, Bagi anda yang ingin membeli atau memesan patung dari kami tidak ada minimal ordernya, anda bisa memesan satu unit, mengenai maksimal tinggi kami tidak ada maksimal ukuran, bisa 1 meter hingga 8 meter, untuk produk dengan ukuran diatas 5 meter kami akan gunakan system knock down dikarenakan untuk mempermudah pengirimanya.
Berapa minimal ukuran tingginya, semisal untuk patung manusia minimal tinggi sekitar 50 cm, untuk patung binatang misalkan patung burung elang minimal tinggi 35cm, kenapa ada minimal ukuranya, dikarenakan lebih kecil patung akan lebih susah pengerjaanya, Disamping lebih susah detail patung apabila semakin kecil akan semakin susah tingkat detailnya.
Bagi anda yang berminat dengan patung tembaga produksi AA Gallery bisa memesan langsung ke gallery kami atau yang tidak memungkinkan datang langsung ke gallery kami bisa memesan via online, caranya anda bisa kirim detail gambar foto yang disertakan ukuranya via E-mail, atau bisa juga dengan bentuk replika 3 dimensi, namun minimal foto saja bisa dan kami sudah faham akan cara pembuatanya dan hasilnya.