• November 18, 2021
  • bisnis
  • AAGallery

Kebutuhan tembaga di Indonesia ke depan naik. Hal tersebut dapat diindikasikan dengan munculnya banyak sekali pengrajin tembaga yang tentunya membutuhkan bahan baku logam tembaga. Untungnya, Indonesia memiliki sumber kekayaan alam berupa logam tembaga yang amat banyak. Dilansir cnbcindonesia, Indonesia termasuk dalam kategori tujuh negara dengan cadangan logam tembaga terbesar di dunia, yaitu berkontribusi sekitar 3% dari total cadangan logam tembaga di dunia, sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Eko Budi Lelono. Menurut Eko Budi Lelono, “total cadangan bijih tembaga Indonesia mencapai 2,63 miliar ton dan sumber daya sebesar 15,08 miliar ton. Sementara logam tembaga memiliki cadangan 23,79 juta ton dan sumber daya 48,98 juta ton”.

Berikut ini adalah Provinsi dengan sumber daya logam tembaga terbesar di Indonesia (Daerah Penghasil Tembaga di Indonesia) menurut Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Eko Budi Lelono (15/10/2020, www.cnbcindonesia.com):

  1. Provinsi Nusa Tenggara Barat
  2. Provinsi Kalimantan Tengah
  3. Provinsi Jawa Timur
  4. Provinsi Aceh, dan
  5. Provinsi Papua

Sedangkan dalam sumber yang lain, Daerah Penghasil Tembaga di Indonesia (berdasar keberadaan tambang tembaga), yaitu terdapat di :

  1. Cikotok : Jawa Barat
  2. Kompara : Papua
  3. Sangkarapi : Sulawesi SelatanTimur
  4. Tirtamaya : Jawa Tengah
  5. Jambi, dan
  6. Sulawesi Tengah

Sumber: https://cantenan.com

Indonesia masuk ke dalam tujuh cadangan terbesar di dunia tentu sangat menyenangkan bagi warga Indonesia, namun harus diimbangi dengan kemampuan untuk mengolah bijih tembaga sendiri hingga menjadi logam tembaga yang dapat dijual kepada para pengrajin kerajinan tembaga di Indonesia. Salah satu pengrajin tembaga asal Boyolali adalah AAGallery. AAGallery sangat mengharapkan semakin hari harga logam tembaga bisa semakin turun atau setidaknya bisa stabil dalam jangka waktu yang lama karena logam tembaga menjadi bahan utama dalam membuat kerajinan tembaga. Jika harga logam tembaga semakin hari semakin naik tentu akan menambah biaya produksi produsen kerajinan tembaga.

BACA LAINNYA:  Keuntungan Kubah Masjid Tembaga dan Kuningan Daripada Kubah Dari Bahan Lain, Info oleh AA Gallery di Tumang, Jawa Tengah

Demikian sekilas informasi terkait Daerah Penghasil Tembaga di Indonesia. Semoga informasi yang singkat terkait Daerah Penghasil Tembaga di Indonesia dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Referensi:
https://cantenan.com
https://www.cnbcindonesia.com